BERITA

14 Hal Yang Dilakukan Orang-orang Sukses Setiap Hari

Posted by Superadmin on 08 May 2019

“Saat kamu melihat seorang yang sukses, kamu hanya melihat kesuksesan dari luarnya saja, tidak pernah melihat pengorbanan mereka dari dekat untuk mencapai sukses tersebut.”

- Vaibhav Shah -

 

Sangat langka orang memperoleh kesempatan untuk mendapatkan akses khusus dengan orang-orang yang sangat sukses. Salah satunya adalah Kevin Kruse, yang telah mewawancarai 200 orang ultra-sukses dengan satu pertanyaan terbuka:

 

“Apa rahasia utama kamu untuk produktif?”

 

Hasilnya, Kruse membeberkan 14 hal yang dilakukan orang-orang ultra-sukses setiap hari, antara lain:

  1. Mereka fokus pada hitungan menit, bukan jam. Biasanya orang menjadwalkan kalender mereka dalamhitungan jam, tapi orang-orang ultra-sukses ini tahu bahwa mereka memiliki 1.440 menit setiap harinya dan sadar tidak ada hal yang lebih berharga selain waktu.

  2. Mereka fokus hanya pada satu hal. Orang-orang yang sangat produktif tahu apa prioritas tugas mereka dan mengerjakannya dalam satu hingga dua jam setiap pagi, tanpa berhenti. Aktivitas apa yang akan berdampak terbesar untuk mencapai tujuan? Pencapaian apa yang berujung promosi Anda di kantor? Hal-hal tersebutlah yang harus Anda fokuskan setiap pagi.

  3. Mereka tidak menggunakan to-do lists.Buang daftar kegiatan kamu, sebagai gantinya masukkan ke dalam kalender di gadget kamu. Ternyata, hanya 41 persen hal-hal dalam daftar kegiatan yang dapat diselesaikan. Semua kegiatan yang belum selesai akan berujung pada stres dan insomnia karena efek Zeigarnik, yaitu kegiatan yang belum selesai tersebut akan tetap dalam pikiran Anda hingga kegiatan tersebut diselesaikan. Orang-orang yang sangat produktif memasukkan segala hal dalam kalender mereka dan setelah itu bekerja dan hidup berdasarkan kalender tersebut.

  4. Mereka mengalahkan kebiasaan menunda dengan perjalanan waktu. Diri kamu di masa depan tidak bisa dipercaya. Ini karena kita tidak konsisten dengan waktu. Misalnya, hari ini kita membeli banyak sayuran karena berpikir akan makan salad sehat selama seminggu; ternyata malah membuang jamur busuk empat hari kemudian. Orang-orang sukses paham apa yang mereka lakukan saat ini adalah untuk memastikan diri kamu di masa mendatang melakukan halyang benar.

  5. Mereka pulang ke rumah untuk makan malam. Orang-orang sangat sukses tahu apa yang berharga dalam hidup mereka. Ya, pekerjaan, tetapi beberapa hal lainnya juga mereka hargai. Tidak ada hal berharga yang pasti, tetapi waktu bersama keluarga, olahraga, dan berbagi ke sesama adalah hal-hal berharga lain yang mereka jadwalkan. Mereka secara sadar mengalokasikan 1.440 menit mereka dalam sehari untuk hal-hal yang mereka hargai, misalnya ke dalam kegiatan di kalender mereka, dan konsisten dengan apa yang mereka telah jadwalkan.

  6. Mereka menggunakan sebuah buku catatan. Richard Branson pernah mengatakan bahwa ia tidak akan bisa membangun Virgin tanpa sebuah buku catatan yang ia bawa kemana pun ia pergi. Begitu pula yang dikatakan oleh Aristotle Onassis, pengusaha jasa pengiriman asal Yunani,”Selalu bawa sebuah buku catatan. Tulis segala hal ke dalamnya.. Itu adalah pembelajaran seharga jutaan dollar yang tidak diajarkan di sekolah bisnis!”. Orang-orang yang sangat produktif membebaskan pikiran mereka untuk mencatat segala hal  saat ide-ide muncul di benak mereka.

  7. Mereka membaca email hanya beberapa kali dalam satu hari. Orang-orang yang sangat produktif tidak membaca email mereka seharian. Mereka tidak merespon tiap getaran atau suara email masuk. Melainkan, mereka menjadwalkan waktu untuk memproses email secara cepat dan efisien. Beberapa orang hanya sekali sehari, lainnya, memeriksa email di pagi, siang atau malam hari saja.

  8. Mereka menghindari rapat sebisa mungkin. Ini jawaban dari Mark Cuban, pengusaha dan investor asal Amerika Serikat,”Jangan pernah menghadiri rapat kecuali ada seseorang yang menulis sebuah cek.” Rapat itu sangat membunuh waktu. Seringkali telat, bersama orang yang tidak tepat, topik kemana-mana dan sangat panjang. Jika memang benar-benar harus rapat, jalankan sesingkat mungkin dan langsung ke pokok bahasan.

  9. Mereka berkata “tidak” pada hampir semua hal. Seorang milyuner, Warren Buffet, pernah berkata, ”Perbedaan antara orang yang sukses dan yang sangat sukses adalah orang yang sangat sukses itu berkata “tidak” pada hampir semua hal.” James Altucher, founder dan co-founder dari lebih 20 perusahaan, menambahkan, “Tidak. Jika sesuatu itu tidak ‘Wow!’

  10. Mereka mengikuti aturan 80/20. Dikenal sebagai Pareto Principle, di banyak hal, 80 persen hasil datang dati 20 persen aktivitas. Orang-orang yang sangat produktif tahu mana kegiatan yang mendorong hasil terbesar. Fokus pada hal tersebut dan abaikan sisanya.

  11. Mereka mendelegasikan hampir semua hal. Orang yang sangat produktif tidak bertanya, “Bagaimana pekerjaan ini dapat saya selesaikan?” melainkan, “Bagaimana pekerjaan ini dapat diselesaikan?” Mereka sebisa mungkin membuang kata “saya” dalam tiap pekerjaan. Orang-orang yang sangat produktif tidak memiliki masalah dalam mengontrol dan mereka tidak mengelola hal-hal yang mikro.

  12. Mereka menyentuh berbagai hal hanya sekali. Berapa kali kamu membuka surat, misalnya tagihan kartu kredit, lalu meletakkannya, dan mengerjakannya lagi di lain waktu? Seberapa sering kamu membaca email dan meninggalkannya di inbox untuk dikerjakan lain waktu? Orang yang sangat sukses mencoba untuk “menyentuhnya sekali.” Jika hal itu menghabiskan waktu kurang dari lima atau sepuluh menit, mereka akan mengerjakannya langsung. Ini akan mengurangi stres dan lebih efisien.

  13. Mereka melakukan rutinitas yang konsisten di pagi hari. Dari 200 orang sangat sukses yang diwawancarai, mereka mau berbagi ritual mereka di pagi hari. Dari banyaknya kebiasaan tersebut, kebanyakan mereka memelihara tubuh di pagi hari dengan minum air mineral, sarapan sehat dan olahraga ringan dan mereka memelihara pikiran dengan meditasi atau berdoa, membaca bacaan yang menginspirasi, atau membuat jurnal.

  14. Energi adalah segalanya. Kamu tidak dapat menambahkan menit dalam satu hari, tetapi kamu bisa meningkatkan energi kamu untuk meningkatkan daya perhatian, fokus dan produktivitas. Orang yang sangat sukses tidak melewatkan sarapan, tidur atau waktu istirahat untuk lebih produktif. Mereka melihat makanan sebagai bahan bakar, tidur sebagai proses pemulihan dan istirahat sebagai kesempatan untuk mengisi energi kembali untuk melakukan hal yang lebih banyak.

Nah, gimana founders? Sudah siap untuk mengikuti kebiasaan orang-orang sukses seperti di atas? Enggak ada salahnya untuk dicoba kok, siapa tahu kamu bisa sukses juga seperti mereka.