BERITA

Dari Hobi Jadi Sumber Pendapatan

Posted by Superadmin on 08 May 2019

 

Siapa yang tidak ingin punya usaha sendiri? Sebuah mimpi banyak orang, yang kadang terpentok oleh modal usaha. Alhasil, mimpi itu harus ditahan sebentar hingga kamu punya modal yang cukup. Tapi, sebenarnya kalau kamu ingin banget punya usaha sendiri, kamu bisa mulai dari hobi yang kamu punya lho! Disadari atau tidak, hobi yang kamu miliki bisa memiliki nilai jual, kalau kamu mau mengelolanya.

Nah, kalau kamu punya mimpi untuk membuka usaha sendiri dan ingin mewujudkannya, ini ada beberapa contoh jenis usaha yang bisa dimulai dari hobi kamu

1. Berkebun

Kalau kamu jeli melihat pasar saat ini, bisa saja kamu menanam bahan pangan organik, bisa buah ataupun sayuran yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Nah, setelah itu cobalah dengan menawarkan hasil kebun kamu ke teman-teman terdekat dan minta pendapat mereka. Kalau kamu benar-benar ulet, bisa saja kan hobi kamu ini menjadi sumber pendapatan tambahan kamu.

2. Menjahit

Kamu senang banget kalau lihat bahan warna warni lucu dan enggak tahan untuk menjadikannya sesuatu yang lucu dan unik. Nah, kalau hobi kamu seperti itu, coba kamu tekuni deh. Coba mulai pikirkan, kira-kira apa yang belum ada di pasar tapi dibutuhkan. Untuk awalnya, jangan ragu untuk memberikan harga promo. Kalau jahitan kamu bagus dan barang yang kamu hasilnya memuaskan pembeli, pasti orang lain akan mencari kamu.

3. Masak kue

Hobi memasak kue juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang. Kamu dapat melakukannya di rumah sendiri. Kamu bisa mencoba memulainya dari mebuat kue yang kamu suka. Bedanya, kali ini kamu masaknya harus dengan ekstra sungguh-sungguh, mulai dari bahan-bahan yang kamu pakai, kebersihan dapur dan alat-alatnya, dll, kamu harus memastikan yang memakan makanan kamu ini tidak keracunan atau sakit perut.  Setelah jadi, coba berikan kepada orang-orang terdekat kamu untuk meminta pendapat mereka. Kamu juga bisa memulai menginformasikan kalau kamu ingin menjual kue tersebut kepada mereka lho. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan social media kamu untuk mengiklankan kue kamu ini.

4.Menggambar

Siapa bilang kalau dengan hobi menggambar, kamu hanya bisa menghasilkan uang dengan melukis di atas kanvas? Coba deh untuk melukis di wadah lainnya, seperti baju, sepatu, pouch, tas, dll.  Pikirkan, kira-kira gaya gambar seperti apa yang cocok untuk masing-masing wadah tersebut dan tentunya kepada siapa kamu akan menjualnya. Kalau kamu tekuni dengan serius, siapa tahu, hasil karya kamu bisa menjadi sukses seperti Tulisan, yang sudah memiliki store sendiri di mall-mall besar Jakarta.

 

Nah, sudah kepikiran tentang hobi kamu yang ingin kamu jadikan usaha? Coba yuk, mulai membangun bisnis dari hobi yang kamu miliki. Siapa tahu hobi ini bisa menjadi awal untuk kamu yang punya mimpi untuk punya usaha sendiri.