BERITA

Buat Sesi Brainstorming Lebih Produktif Dan Menyenangkan Dengan Gambar

Posted by Superadmin on 08 May 2019

Pernah dengar kata brainstorming? Brainstorming adalah proses pencarian ide yang dilakukan oleh beberapa orang. Nah, perusahaan besar seperti Google, NASA, dan Pepsi ternyata ketika mereka brainstorming, menyatukan teknik doodling dan proses brainstorming. Mereka mengatakan, kalau ternyata dengan doodling justru membawa sesi brainstorming mereka menjadi lebih produktif dan menyenangkan. 

 Kamu ingin meniru kebiasaan brainstorming perusahaan-perusahaan besar tersebut? Bisa kok. Yuk, ikuti caranya!

 1. Mulai dari objek yang simpel untuk menyegarkan kreatifitas

Buat kamu yang sudah lama nggak menggambar, ini bisa jadi satu motivasi untuk kembali menggambar. Latihannya bisa dilakukan dengan menggambar dari objek yang mudah seperti pulpen dan pensil atau objek di sekitar kamu brainstorming. Dengan menggambar, kamu bisa melatih dan membangkitkan lagi kreatifitas kamu yang akan berdampak pada penemuan ide baru.

 2. Tuliskan masalah terbesar kamu dan jangan takut menuangkan ide tergila kamu

Dengan kamu mengetahui masalah terbesar kamu dan menggambarkannya, jangan kaget kalau ternyata kamu menemukan “ide gila” untuk mengatasinya. Kenapa? Karena keuntungan dari menggambar adalah memberikan ide-ide lebih “gila” dibandingkan ketika kita menulis.

 3. Identifikasi tujuan dan masalah kamu

Menuangkan informasi secara visual akan membantu kamu melihat dari sisi lain. Kalau diaplikasikan dalam pekerjaan, memetakan konsumen dan kompetitor dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah atau menentukan tujuan bisnis kamu.  

 4. Gambar rencana eksekusi - dan buat terlihat menyenangkan

Untuk membantu kamu mencari jalan keluar dari suatu masalah, ternyata menggambar grafik atau infografik bisa membantu kamu lho! Nggak perlu grafik yang warna-warni kok, cukup fokus pada visual yang tepat dalam merepresentasikan masalahnya.

Nah, apa kamu sudah siap menuangkan semua ide ‘gila’ dan kreatifitas kamu? Jangan takut untuk melakukannya. Selama ide itu masih sopan dan membantu pekerjaan kamu, nggak ada salahnya untuk dicoba kan?