BERITA

Jawani, Produk Natural Indigo Khas Jawa Yang Ramah Di Kantong

Posted by Admin on 29 Sep 2019

Mengenakan produk hasil budaya itu penting. Namun, mengenakan produk yang stylish dan nyaman dipakai pun nggak kalah penting. Untuk membuatnya sejalan, Whisnu Haryanto berhasil mengombinasikan keduanya dalam produk fashion dengan merek Jawani. Baru beberapa bulan berdiri, produk ini sudah sukses menunjukkan eksistensinya, lho!

Produk ini laris banget di pasaran. Nggak hanya tanah air, Jawani telah menarik minat pelanggan di Amerika dan Eropa. Sudah tahu soal Jawani dan produk natural indigonya, Friends? Kalau belum, cek cerita lengkapnya berikut ini!

SUDAH SAMPAI MANA PROGRESS KOMPETISI FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4? AYO CEK DI SINI!

Produk sejenis harganya selangit!


Ketertarikan Whisnu terhadap produk natural indigo sangatlah tinggi. Natural indigo sendiri merupakan teknik pewarnaan dengan hasil biru alami yang lebih eco-friendly dibanding pewarna sintetis. Teknik pewarnaannya yang lebih rumit bikin harganya selangit. Di pasaran, satu kemeja natural indigo bisa dijual dengan harga satu jutaan, lho.

Sebagai mahasiswa, Whisnu merasa produk-produk itu jauh dari jangkauan kantongnya. Oleh karena itu, pada 2017, dirinya mulai melakukan riset untuk mencoba membuatnya sendiri. Dari percobaan berkali-kali, Whisnu sadar bahwa sebetulnya biaya yang dibutuhkan jauh lebih rendah dari harga di pasaran.

Melihat adanya peluang usaha, Whisnu pun mendirikan Jawani di tahun 2018. Nama Jawani dipilih karena Whisnu merasa nama ini dapat merepresentasikan keinginannya dalam mengangkat budaya Jawa. Selain itu, pengucapan Jawani yang mudah membuat mereknya pun mudah diingat.

CARI PRODUK YANG HARGANYA TERJANGKAU? PRODUK PARA FINALIS INI BISA JADI JAWABAN

Jawani bukan sekadar produk biasa


Jawani bukan hanya soal warna natural indigo. Produk yang satu ini mengangkat berbagai budaya Jawa yang ada di sekitar Whisnu, misalnya tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin), batik tulis, hingga tokoh pewayangan. Untuk membedakan produknya dari kompetitor lain, Whisnu punya cara tersendiri dalam mendesain.


“Kami sangat memperhatikan desain, dari cutting, penjahitan, sampai ke pemilihan patch,” kata Whisnu sambil memperlihatkan detail-detail produknya. Sebagai contoh yang paling mudah dilihat, tokoh pewayangannya. Gambar wayang yang digunakan nggak menduplikasi tokoh begitu saja. Namun, dimodifikasi sedemikian rupa dengan kesan anak muda. “Tokoh wayangnya dimodifikasi dengan penambahan topi, tindikan, dan lainnya supaya kesan anak mudanya didapat. Kan produk ini memang sasarannya anak-anak muda,” terangnya singkat.


Selain masalah desain luar, jahitan pada produknya pun beda dari yang lain. Jahitan yang digunakan dalam sebagian produknya merupakan hasil dari single needle yang terinspirasi dari model produk di tahun 1920--1930-an. Jahitan jenis ini terbilang unik dan sulit ditemukan karena kebanyakan produk lain menggunakan bentuk jahitan rantai.

SIAPA FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4 YANG JADI FAVORITMU?

Blibli Big Start Indonesia Season 4, langkah menuju kesuksesan


Selama 1,5 tahun menjalani usaha ini, Whisnu mengaku bahwa Jawani membuatnya sadar untuk memanusiakan manusia, termasuk dirinya sendiri. Memanusiakan manusia adalah upaya untuk menekan egonya sendiri. Sebagai orang yang nggak sabaran, Whisnu harus berupaya sabar dalam setiap produksi. Sebab, untuk membuat satu produk pun dibutuhkan proses yang nggak sedikit. Sebelum kain diwarnai misalnya, kain harus dicuci dan dikeringkan dulu agar didapat hasil pewarnaan yang bagus dan maksimal.

Whisnu menganggap kesuksesan Jawani sama halnya dengan produksi. Ada berbagai tahapan yang perlu ditempuh, salah satunya dengan ikut berbagai kompetisi, termasuk BBS Indonesia Season 4. Whisnu mengaku bahwa ketertarikannya untuk bergabung dalam kompetisi ini bukan soal menang atau kalah, namun lebih melihat peluang yang didapat selama karantina. Dirinya yakin akan mendapatkan banyak masukan dan pengakuan akan produk rintisannya ini.

TEMUKAN PRODUK UNGGULAN 20 FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4!

Sekarang, kamu udah nggak perlu bingung deh kalau pingin punya produk natural indigo! Nggak perlu lagi merogoh kocek jutaan dengan kehadiran Jawani. Selain itu, dengan menggunakan produk-produk Jawani, itu artinya kamu turut mengambil peran dalam hal memajukan budaya nusantara, khususnya budaya Jawa!

Selain produk dan cerita inspiratif dari Whisnu, masih ada kisah inspiratif dari para finalis Blibli Big Start Season 4 lainnya, lho. Penasaran produk dan kisah apa saja di baliknya? Jangan lupa tunggu dan selalu baca di sini, ya!

JANGAN KETINGGALAN, SIMAK PERJALANAN PESERTA BBS INDONESIA SEASON 4 DI SINI!!!