BERITA

Kulit Kaki Ayam Bisa Disulap Menjadi Sepatu? Intip Kisah Hirka Di Sini!

Posted by Admin on 29 Sep 2019

Menjadi salah satu unggas yang akrab dengan manusia, ayam memang mudah ditemui di mana saja. Berkokok tiap subuh buat bangunin kamu, ketemu lagi di piring nasi waktu makan siang, juga dipotong dan ditusuk kecil-kecil sebelum dibakar jadi sate ayam. Berkali-kali bertemu dalam sehari, ayam sukses jadi binatang ternak yang bisa diolah berbagai rupa. Bahkan, bagian kakinya yang punya tiga jari plus dua cakar di belakang itu juga ada manfaatnya, lho.


Bukan menjadi ceker ayam pedas atau ceker ayam mercon atau steam kaki ayam khas dim sum, Hirka mengolah kaki ayam menjadi sesuatu yang lain. Spesifiknya, Hirka menyulap kulit kaki ayam menjadi sepasang sepatu yang memiliki nilai estetis! Menjadi salah satu peserta yang masuk ke dalam Top 20 Blibli Big Start Indonesia Season 4, simak cerita lengkap tentang Hirka di bawah ini!

BACA LAGI CERITA FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4 FAVORITMU DI SINI

Tertarik dengan dunia kulit-mengulit

Nggak langsung jago mengolah kulit, dari kecil Nurman sudah akrab dengan dunia kulit-mengulit. “Awalnya sih lihat jurnal ilmiah milik Ayah,” jawabnya sambil menerawang. Berbeda dari kamu yang sibuk main layang-layang, Nurman kecil sudah sering melihat ayahnya menyamak berbagai kulit binatang. Mulai dari sapi sampai ikan pari, sang ayah yang berprofesi sebagai seniman sering kali membuat berbagai produk unik.


Karena nggak melanjutkan kuliahnya sampai tuntas, Nurman yang beranjak dewasa kembali membuka jurnal milik ayahnya. Coba-coba membuat sepatu kanvas dan cukup berhasil, cowok berumur 24 tahun ini menggunakan pengalaman yang didapat untuk membuat produk Hirka. Nggak asal ngide, kulit kaki ayam sengaja dipilih Nurman untuk membantu mengurangi limbah kaki ayam dari restoran cepat saji. Membeli dari tangan pengepul, kaki ayam yang diambil bagian kulitnya tersebut disulap menjadi sepasang sepatu. Kece banget nggak, sih?

PENASARAN DENGAN SEPATU KULIT KAKI AYAM DARI HIRKA? CEK DI SINI!

Sepatu dari kulit kaki ayam ala Hirka


Mengusung tema “exotic leather” dengan kesan natural, saat ini produk Hirka terdiri dari tiga warna. “Untuk yang general ada tiga warna, natural, kecokelatan, hitam,” ungkap Nurman. Nantinya, pemilik nama lengkap Nurman Farieka Ramdhany ini berencana membuat produk eksklusif dengan beberapa warna baru. Lebih bervariasi, produk eksklusifnya akan dibuat dengan pilihan warna gold, merah, hijau, juga biru navy. Dibuat secara limited, Nurman memastikan kualitas produk yang ditawarkan nggak main-main.

Dibuat dengan kombinasi kulit sapi, sepatu-sepatu dari Hirka memang memiliki mutu yang boleh diadu. Menambahkan ingredients rahasia yang nggak dimiliki produsen lain, sepatu kulit kaki ayam super kece ini nantinya akan terlihat makin cantik seiring berjalannya waktu. Makin lama makin membuatmu sayang, persis seperti kamu dan pasanganmu sekarang. Tersedia dalam ukuran 36--40, sepatu-sepatu dari Hirka bisa dipakai laki-laki maupun perempuan alias unisex.

SIAPA SIH FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4 FAVORITMU?

Berhasil ke Blibli Big Start Indonesia Season 4


Bukan sekali dua kali, ternyata Nurman sudah tiga kali lho mencoba ikut Blibli Big Start Indonesia. “Iya, saya sudah tiga kali ikutan,” ungkapnya sambil tertawa. Di percobaan pertama dan kedua, Hirka berhasil masuk sampai tahap 100 besar. Tetapi, baru di Blibli Big Start Indonesia Season 4 ini, Hirka lolos sampai tahap Top 20. Sudah sampai sejauh ini, Nurman jelas mempunyai beberapa goals tersendiri.

“Untuk masalah hadiah dan menang atau nggaknya itu bonus sih buat saya,” jawabnya singkat. Di kompetisi ini, Nurman memang lebih semangat buat curi-curi ilmu dari finalis lain plus menambah koneksi. Sambil terus berjalan, Nurman juga sudah mempunyai rencana untuk mengembangkan produk Hirka. Nggak berhenti di sepatu, Nurman juga ingin membuat aksesori, seperti dompet, pouch, ikat pinggang, sampai luggage tag.

Nggak lupa, Nurman juga berharap produk Hirka bisa makn dikenal banyak orang. “Kulit kaki ayam bisa jadi salah satu ciri khas Indonesia lho,” ujarnya mengakhiri sesi wawancara. Soalnya, menurut Nurman, kulit kaki ayam bisa menjadi alternatif kulit ular dan buaya karena memiliki motif serupa. Setuju nggak, sih?

INTIP PRODUK DARI 20 FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4 BELUM DI SINI!

Setelah menyimak cerita seru dari Nurman Farieka Ramdhany, kamu jadi penasaran kan dengan cerita dari para finalis lainnya? Yuk, cari tau di Blibli Big Start Season 4 di sini!

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN INFO TERBARU BLIBLI BIG START SEASON 4 DI SINI!